SEKILAS INFO
21-07-2024
  • 10 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Septeber 2023
  • 3 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
13
Apr 2021
0
Seminar Jurnalis Multimedia

ILMU JURNALIS MULTIMEDIA UNTUK SEMUA

 

           Dunia jurnalis sepertinya menjadi topik yang cukup menarik bagi peserta didik SMA IT Al Madinah Cibinong juga masyarakat umum. Terbukti dengan banyaknya peserta didik dari SMA-SMP Islam Terpadu Al Madinah, mahasiswa dan masyarakat umum lainnya yang terlibat dalam  Seminar & Bedah Buku “Jurnalis Multimedia”, pada Kamis, 8 April 2021, jam 10.00 – 11.30 WIB. Selain melalui aplikasi Zoom Meeting, acara ini juga dapat diikuti melalui jejaring Youtube.

          Dengan narasumber, sekaligus Penulis  Buku “Jurnalis Multimedia”, yakni Bapak Herik Kurniawan & Bapak Endang Gunawan, juga dipandu Moderator Stefani Patricia (Presenter iNews), sungguh menambah daya tarik peserta untuk ikut acara dari awal hingga akhir. Bapak Herik Kurniawan mengupas dalam tentang Etik Jurnalis yang dikemas untuk generasi Milenial. Di Era yang semakin maju, sebagai jurnalis harus bisa menguasai semua media massa dengan multiplatform seperti televisi, radio, teks online dan offline. Selanjutnya dijelaskan pula, bagaimana cara menjaga hubungan baik publik dengan media. Berkaitan dengan berita yang dibuat, setiap jurnalis harus dibekali adab dan ilmu yang mumpuni, jurnalis tidak bisa bekerja sesukanya karena ada lembaga yang mengawasi, salah satunya lembaga PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), dan ada payung hukum terkait berita, yaitu UU ITE untuk menindaklajuti penyebaran berita hoax.

Di sela penjelasannya, Bapak Herik menginformasikan bahwa buku Jurnalis Multimedia ini merupakan trilogi, buku yang pertama membahas tentang fondasi jurnalis berkaitan dengan etik, buku kedua bicara tentang teknik-teknik membuat berita dan yang ketiga bicara tentang strategi.

Sesi kedua, Bapak Endang Gunawan, menjelaskan proses produksi media massa, penjelasannya diawali dengan menyuguhkan kompilasi video kegiatan  jurnalis yang merupakan liputan langsung di lokasi pengambilan berita. Melalui tayangan tersebut terlihat suka dan dukanya seorang jurnalis. Dikatakan berikutnya bahwa, “Wartawan harus bisa buat berbagai macam liputan mulai dari teks online maupun offline, foto, audio dan audio visual. Dalam pembuatan berita tidak boleh terlupakan unsur berita 5W1H, angle berita, jenis berita, struktur berita (kepala berita, body berita, ekor berita) serta teknik wawancara yang mana bisa juga digunakan untuk youtuber.”

Selanjutnya kegiatan ini makin seru karena dilanjutkan dengan tanya jawab. Pokoknya tidak ada ruginya mengikuti kegiatan seperti ini, karena selain mendapatkan ilmu jurnalistik, peserta juga mendapatkan buku berikut e-sertifikat.