SEKILAS INFO
21-07-2024
  • 10 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Septeber 2023
  • 3 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
13
Apr 2021
0
Webinar Smart Parenting Komite SMA IT Al-Madinah

PANDEMI DAN DIGITALISASI PENDIDIKAN

ORANGTUA HARUS BAGAIMANA ?

 

Kondisi pandemi Covid-19 memberikan pelajaran sekaligus tamparan keras bagi sistem pendidikan di Indonesia. Di awal pandemi, kegamangan dunia pendidikan terjadi karena proses transformasi pembelajaran yang begitu cepat. Bahkan, dalam beberapa hal, para pendidik menghadapi kegagapan dan kegugupan yang luar biasa akibat perubahan sistem pembelajaran secara massal. Jika dahulu pembelajaran dilakukan dengan pendekatan tatap muka, kini menjadi pembelajaran jarak jauh yang berbasis teknologi digital. Untuk itu, guru mendadak harus siap begitupun siswa, bagaimana dengan orangtua ?

Berangkat dari permasalahan tersebut, Komite SMA Islam Terpadu Al Madinah menyenggarakan parenting dalam bentuk webinar untuk orangtua kelas X, XI dan XII. Alhamdulillah Sabtu, 10 April 2021 pukul 09.00-12.00 ini, webinar dapat dilaksanakan dengan teknik zoom meeting. Kolaborasi antara guru dengan orangtua menjadi faktor utama kesuksesan acara ini. Kekompakan terlihat jelas dari kehadiran para korlas di sekolah sebagai panitia inti, untuk mengkoordinir konsumsi, doorprize dan bahkan turut menjadi moderator bersama dengan Pak Adia Hidayat (guru BK).

Kang Febriya Fajri, MNLP, CHT, motivator yang kali ini dihadirkan, membahas permasalahan dengan memberikan contoh-contoh yang relevan dengan kondisi nyata. Intinya, Orangtua harus mau terlibat dalam proses pendidikan putra-putrinya, mengingat bahwa pada dasarnya pendidikan adalah tanggung jawab orangtua. Orangtua dengan guru harus bekerjasama agar pendidikan berdampak baik bagi siswa. Dan orangtuapun menyatakan persetujuannya melalui room chat yang tersedia. Selanjutnya, Kang Febri juga menyarankan agar orangtua sering mengajak putra-putrinya untuk berdiskusi terhadap berbagai masalah dan membuat kesepakatan, jika ada peraturan yang ingin diterapkan.

Dikemukakan pula bahwa orangtua sebaiknya juga belajar memahami sistem digitalisasi, agar lebih dapat ‘nyambung’ berbicara dengan putra-putrinya. Nah, pada moment ini sebenarnya merupakan bukti keterlibatan orangtua terhadap proses pendidikan sekaligus mencicipi dunia digitalisasi, karena zoom meeting, merupakan salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran.

Terima kasih kepada Pak Yudi Dharmawan, selaku ketua komite, beserta tim Komite lainnya, yang telah memprakarsai acara ini, semoga kegiatan ini dapat menjadi salah satu solusi simpul-simpul permasalahan di dunia pendidikan.