SEKILAS INFO
13-04-2024
  • 7 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Septeber 2023
  • 3 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
3
Jul 2021
0
Penilaian Akhir Tahun Sebagai Penutup Tahun Pelajaran 2020-2021

MENUTUP TAHUN PELAJARAN 2020-2021 dengan PENILAIAN AKHIR TAHUN

Bertujuan untuk memutus mata rantai covid 19 di lingkungan pendidikan, kegiatan belajar mengajar pun dilaksanakan secara daring (online). Namun tidak bisa dipungkiri, KBM online masih belum optimal bila dibandingakan dengan pembelajaran tatap muka. Seiring berjalannya waktu pihak sekolah menguji coba sistem pembelajaran mulai dari full daring, pembelajaran tatap muka sampai penggabungan antara online dan tatap muka terbatas. System blended learning, menjadi salah satu pilihan untuk memaksimalkan pembelajaran. Akhirnya pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur di masa pandemi yang mengacu pada surat edaran baik dari pemerintah daerah maupun provinsi.

Mengakhiri Tahun Pembelajaran 2020-2021, sesuai kalender pendidikan SMA Islam Terpadu Al-Madinah, Penilaian Akhir Tahun (PAT) wajib dilaksanakan. Dengan memperhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tanga secara berkala, menggunakan handsanitiser, menghindari kerumunan dan membawa perlengkapan pribadi (alat makan dan alat tulis) sendiri, PAT dilaksanakan di sekolah pada 7 – 14 Juni 2021 lalu. Pelaksanaan PAT tatap muka diikuti 127 peserta didik kelas X dan kelas XI. Untuk meminimalisir kerumunan PAT dilaksanakan dengan membagi peserta didik kedalam dua kelas dengan jumlah 50% dari tiap kelasnya. Dan sebelum pelaksanan pembelajaran tatap muka terbatas serta PAT ini, tentunya SMA Islam Terpadu Al-Madinah telah memenuhi daftar kesiapan Kegiatan Tatap Muka di sekolah yang telah divalidasi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui pengawas Pembina sesuai dengan kewenangannya. PAT tatap muka dilaksanakan dengan arahan dan pengawasan yayasan dan tentunya persetujuan Orang tua peserta didik.

Peserta didik begitu semangat mengikuti PAT tatap muka di sekolah. Terlihat dari kedatangan ke  sekolah di awal waktu, mematuhi peraturan yang berlaku dan menggunakan seragam sekolah sesuai harinya. Terutama peserta didik kelas X yang setahun belakangan ini belum merasakan indahnya menggunakan seragam putih abu khas peserta didik SMA.

Persiapan yang telah dilakukan panitia dalam melaksanakan PAT tatap muka ini, mulai dari pendataan jumlah peserta didik yang akan mengikuti PAT, penyiapan aplikasi computer based test Sisko, pembuatan dan penginputan soal oleh guru mata pelajaran. Semoga PAT kali ini tetap terjaga kualitasnya, baik dari sisi pengadaan soalnya maupun kejujuran peserta didik dalam menjawab pertanyaan. SMA Islam Terpadu Al-Madinah selalu berkomitmen dan berusaha untuk memaksimalkan pendampingan belajar meskipun di masa pandemi.