SEKILAS INFO
22-04-2024
  • 7 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Septeber 2023
  • 3 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
1
Sep 2021
0
PELATIHAN STANDARISASI GURU AL-QUR’AN

“Dan bacalah Al Quran dengan tartil (baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid)”. (Q.S. Al-Muzamil : 4)

Memberi pelayanan terbaik adalah komitmen dari SMA Islam Terpadu Al-Madinah. Sebagai salah satu sekolah Islam yang sudah mendapatkan kepercayaan cukup besar dari masyarakat Kabupaten Bogor, kami memiliki program unggulan baca tulis dan Tahfidz Al-Qur’an. Program ini mentargetkan peserta didik memiliki kemampuan baca Al Qur’an sesuai kaidah ilmu tahsin/tajwid dengan metode yang mudah dan menyenangkan.

Pelayanan dalam pembelajaran Al-Quran kami tingkatkan dengan meng-upgrade kemampuan guru melalui pelaksanaan Pelatihan Standarisasi Guru Al-Qur’an Metode Tilawati. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada Sabtu-Ahad, 21-22 Agustus 2021 yang bekerjasama dengan Koordinator Pengembang Al-Qur’an Tilawati Center Cibinong. Tahun ini kami mengembangkan metode baru, yaitu Metode Tilawati yang akan mulai diterapkan di kelas X dan secara bersamaan pula menggunakan kurikulum baru, yaitu kurikulum Merdeka Belajar Sekolah Penggerak.

Tahun pelajaran 2021/2022 SMA IT Al-Madinah terpilih sebagai salah satu dari 2.500 sekolah penggerak di Indonesia. Salah satu ciri khas Sekolah Penggerak, bahwa pembelajaran berpusat pada peserta didik artinya pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Pola pembelajaran ini sejalan dengan metode tilawati yang dalam kegiatan pembelajarannya mengkategorikan peserta didik ke dalam 6 level berdasarkan kemampuan masing-masing.

Semua metode dalam pembelajaran Al Qur’an, memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan kemudahan bagi yang ingin belajar Al Qur’an. Suatu metode memiliki pengaruh yang sangat besar pada keberhasilan, kesuksesan dan ketuntasan dalam setiap tahapan pembelajaran. Oleh karena itu sebuah metode wajib dikuasai oleh seorang guru Al-Qur’an.

“Orang-orang yang paling baik (mulia) diantara kamu adalah orang yang mau mempelajari Al Quran dan mau mengajarkannya kepada orang lain”.  (HR. Bukhori Dari Usman bin Affan )