SEKILAS INFO
21-07-2024
  • 10 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Septeber 2023
  • 3 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
12
Nov 2021
0
Belajar Asyik Bareng Teman, Membawa Manfaat untuk Lingkungan

Implementasi Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Part I

 

SMA IT Al-Madinah adalah sekolah yang terpilih oleh kemdikbud sebagai sekolah penggerak. Salah satu program sekolah penggerak yaitu berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul.

Implementasi dari program sekolah penggerak yaitu memfasilitasi kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan dan berorientasi pada siswa. Wujud nyata dari hal tersebuat adalah melaksanakan berbagai projek. Bangunlah Jiwa dan Raganya menjadi tema pada projek pertama penguatan profil pelajar pancasila.

Awal mula tercetusnya projek ini yaitu menurunnya kesadaran masyarakat akan kesehatan. Sebagian masyarakat tak mengindahkan protokol kesehatan. Meskipun angka kematian menurun, jumlah yang terpapar COVID-19 beangsur naik, namun tak berarti kondisi sudah baik-baik saja. Dunia masih diselimuti pandemi yang tak tahu kapan akan usai.

Selain itu, menjaga tradisi dan menerapkan kebiasaan mencuci tangan menjadi faktor pendorong adanya projek pertama ini. Dulu di depan rumah-rumah jika kita berkunjung, tersedia tempat cuci tangan, sehingga jika kita bertamu dalam keadaan bersih. Tradisi yang baik sepert ini harus kita jaga dan lestarikan.

Projek ini diawali dengan sosialisasi untuk siswa kelas X oleh tim panitia yang diketuai Bapak Wiwit Kurniawan, M.Pd. Siswa diberikan arahan dan wawasan tentang gambaran projek pertama yang akan mereka laksanakan. Siswa dibagi dalam 2 kelompok, Kelas X1 Dan X2 sebagai kelompok A, Kelas X3 dan X4 sebagai kelompok B. Masing-masing kelas dibagi lagi menjadi 3 kelompok. Karena siswa yang hadir di sekolah hanya 50%, maka sosialisasi dilaksanakan dua kali agar informasi yang disampaikan didapatkan secara merata oleh siswa.

Keesokan harinya Kelas X1 dan X2 mendapat giliran ke sekolah. Para siswa berdikusi membuat desain dan mulai mengaplikasikan desainnya pada media tempat cuci tangan. Kelas X3 dan X4 mengikuti kegiatan via zoom meeting, mempersipkan materi penyuluhan, pembekalan senam dan lain-lain. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara bergantian mulai tanggal 20 – 24 September 2021.