SEKILAS INFO
02-03-2024
  • 6 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Septeber 2023
  • 3 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
19
Nov 2021
0
Belajar Asyik Bareng Teman, Membawa Manfaat untuk Lingkungan Part 2

Implementasi Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila

Sebelumnya kita sudah mengulas tentang persiapan projek I, mulai dari pembekalan oleh panitia dan membuat desain. Nah, sekarang kita bahas  tentang keseruan projek I. Para siswa sangat antusias belajar di luar ruangan. Bisa bekerja sama dan mengeksplorasi lingkungan sekitar. Keseruan selama projek berlangsung terlihat dari aktivitas mereka di sekolah. Walaupun dari kelompok yang berbeda, para siswa saling membantu  mengecat tempat cuci tangan dengan media pilox. Setelah selesai memilox, tempat cuci tangan didiamkan dan dijemur sekitar 20 menit agar keringnya merata.

Para siswa kemudian mengecat tempat cuci tangan dengan desain yang telah dibuat. Pemandangan, tanaman, hewan, laut bahkan gambar tokoh kartun menghiasi projek I. Setiap kelompok membentuk tim dokumentasi untuk mengabadikan kegiatan.  Para siswa sangat bersemangat mengkuti proses tersebut. “Seru, belajar di alam terbuka. Lebih fresh, seneng bisa kerja sama dengan teman-teman. Apalagi ga hanya ngelukis tempat cuci tangan kita juga harus bisa kompak membuat penyuluhan kesehatan yang menarik untuk anak-anak . Ujar Tiara. Pembelajaran yang menyenangkan menjadi atmosfir tersendiri sehingga siswa-siswi enjoy belajar di sekolah.

Jumat, 24 September 2021 acara puncak dari serangkaian kegiatan projek I dimulai. Kepala sekolah SMA IT Al-Madinah, Ibu Hani Rohani, S.Si memberikan sambutan sekaligus mengantarkan keberangkatan siswa-siswi kelas X, didampingi oleh panitia dan para wali kelas. Sesampainya di lokasi, tim senam langsung memulai kegiatan, dengan ceria dan penuh semangat. Anak-anak TK dan SD yang mengikuti sangat antusias.

Setelah senam, anak-anak TK Islam Tasya dan MI Tarbiyatul Islam menuju aula untuk mengikuti penyuluhan kesehatan. Sajian midi drama tentang COVID-19, games dan bernyanyi bersama menciptakan keakraban.  Kegiatanpun diakhiri dengan penyerahan tempat cuci tangan dan sesi foto bersama. Seru dan menyenangkan ya terlibat dalam masyarakat, bisa berbagi dan bersama menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Sehat terus Indonesiaku. Sukses SMA IT Al-Madinah!

Wiwiwt Kurniawan, M.Pd – Ketua Projek I

“ Projek I yang singkat namun banyak manfaat. Siswa tidak hanya membuat karya, namun mendesain produknya. Siswa distimulus untuk mengekspor diri dan lingkungan, sikap kolaboratif, sosialisasi, peduli dan konsinsten.“