SEKILAS INFO
21-07-2024
  • 10 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Septeber 2023
  • 3 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
1
Jan 2022
0
Be A Hero, Manfaatkan Darah untuk Selamatkan Nyawa

Senin (13/12), telah dilaksanakan kegiatan donor darah di SMA IT AL-Madinah yang bekerja sama dengan PDDI (Perhimpunan Donor Darah Indonesia) dan PMI (Palang Merah Indonesia). Kegiatan donor darah berlangsung di Aula SMA dari pukul 09.00 sampai selesai.

Kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan OSIS SMA IT Al-Madinah dan menjadi program kerja OSIS setiap tahunnya untuk membantu sesama. Tahun kemarin kegiatan donor darah sempat takterlaksana karena wabah COVID yang masih mengganas. Alhamdulillah tahun ini terlaksana dengan baik karena kerjasama dengan PDDI dan PMI.

Kebutuhan darah yang semakin meningkat disaat pandemic ini adalah factor penting yang perlu kita selesaikan bersama. Maka dari itu, OSIS SMA IT Al-Madinah memfasilitasi bagi para pendonor untuk tetap aktif mendonorkan darahnya agar tercipta lingkungan yang sehat.

Beberapa hari sebelum acara donor darah dilaksanakan, MPK dan OSIS menyosialisasikan kegiatan tersebut melalui jejaring media sosial baik whatsapp, ig dan lain-lain. Persiapan oleh Panitia MPK-OSIS dan pihak PDII serta PMI dilaksanakan secara ketat dan mengutamakan PROKES. Mulai dari meninjau lokasi saat kegiatan berlangsung, ketersediaan ruang terbuka dan perlengkapan lainnya.

Alur kegiatan dimulai dengan peserta formulir pendaftaran yang ada di loby SMA. Kemudian naik ke lantai 2 untuk menunggu panggilan dari panitia. Sebelum ke acara inti, tentu ada serangkaian kegiatan yang dilaksanakan, mulai dari pembukaan yang disampaikan berbagai pihak terkait sampai laporan dari ketua pelaksana. “Kegiatan donor darah ini dapat meningkatkan kesehatan kita, tekanan darah, tensi dan lainnya di cek. Mari kita istiqomah kegiatan ini kita laksanakan secara terus menerus, terutama untuk komunitas sekolah islam terpadu al – madinah dan masyarakatsekitarnya.” Ujar Bapak Agus dalam sambutannya.

Setelah menunggu, para pendonor dipanggil untuk melakukan tes pemeriksaan. Dokter yang bertugas dengan sigap dan teliti memeriksa denyut nadi, tensi darah, dan kondisi kesehatan pendonor. Hal tersebut dilakukan sebagai syarat apakah calon pendonor lolos seleksi atau tidak untuk mendonorkan darahnya.

Setelah seleksi yang ketat, terhitung 45 orang yang berhasil dikategorikan sebagai pendonor. Mulai dari yayasan, guru, staf, orang tua siswa, alumni dan masyarakat umum. Para pendaftar yang lolos seleksi menempati tempat duduk yang disediakan oleh panitia. Panitia MPK-OSIS yang bertugas memandu setiap pendonor agar kegiatan berjalan dengan tertib dan tetap mematuhi PROKES.

Para pendonor sangat antusias mengikuti kegiatan donor darah. “Kesannya sangat bahagia banget ya, sudah bersekolah di Al-Madinah, saya juga sudah pernah menjadi panitia donor darah selama 2 tahun di masa jabatan OSIS di Al-Madinah. Harapannya, semoga kegiatan seperti ini setiap tahunnya selalu ada, semoga di tahun berikutnya lebih banyak orang yang berpartisipasi.” Ucap Sari, salah satu alumni SMA IT AL – Madinah.

Bukan hanya Ka Sari yang antusias bahkan Pak Agus, Ketua Umum YPI Ar-Rohman turut menyukseskan acara tersebut. Luar biasa ya, tindakan nyata kita dengan menyumbangkan darah ini bisa membawa kebaikan dan manfaat untuk sesama.

Kabar gembiranya kegiatan ini akan dilaksanakan setahun dua kali loh. Nah bagi para pendonor yang mau berpartisipasi bisabanget loh, yuk ikuti terus kegiatan SMA IT Al-Madinah. Salam sehat selalu. (Firent Minanda Putri- XI IPS)