SEKILAS INFO
21-07-2024
  • 10 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Septeber 2023
  • 3 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
19
Jan 2022
0
Roots Day "Rangkul Teman, Cegah Perundungan"

SMA Islam Terpadu Al-Madinah mengadakan kegiatan Roots Day pada hari Kamis, tanggal 16 Desember 2021 dengan tema “Rangkul Teman, Cegah Perundungan”. Hari Unjuk Informasi dan Kreasi tentang Pencegahan Perundungan (Roots Day) merupakan puncak kegiatan dari serangkaian kegiatan Progam Roots Indonesia yang diawali sejak bulan Agustus dan diikuti oleh 30 agen perubahan. Program Roots sendiri merupakan upaya pencegahan dan penanganan kekerasan antar teman sebaya disekolah.

Tujuan umum dari Program Roots adalah membangun interaksi positif di sekolah dengan memusatkan peran pelajar di sekolah sebagai ‘Agen Perubahan’ untuk menyebarkan pesan dan perilaku baik di lingkungan sekolah, khususnya kepada siswa lainnya. Ada 30 Agen Perubahan yang terpilih mengikuti Bimbingan Agen Perubahan Pencegahan Perundungan dan Tindak Kekerasan di sekolah. Sebanyak 30 Agen Perubahan tersebut dipilih melalui survei melalui WhatsApp U-Report secara voting oleh seluruh siswa.

Puncak acara Roots Day dihadiri oleh Ketua Umum YPI Ar Rohman, Dr. H. R. Agus Sriyanta, M.Pd. beserta jajaran direktur YPI Ar-Rohmah, Kepala SMA Islam Terpadu Al-Madinah ibu Hani Rohani, S.Si., Ketua Komite, Bapak ibu guru, serta seluruh siswa-siswi SMA Islam Terpadu Al-Madinah.

Kegiatan Roots Day SMA Islam Terpadu Al-Madinah dilaksanakan secara offline. Kegiatan Roots Day diisi dengan berbagai tampilan. Ketika memasuki ruangan Auditorium Aysha tamu undangan diberi kertas untuk menuliskan pesan positif tentang pencegahan perundungan. Pesan positif yang ditulis tersebut digantungkan di pohon harapan.

Acara Roots Day diawali dengan persembahan Drama Musikalisasi oleh Agen Perubahan. Video seluruh kegiatan Roots yang telah dilaksanakan juga mewarnai tampilan pada kegiatan Roots Day. Selanjutnya pembacaan Deklarasi Anti Perundungan dan Tindak Kekerasan di Sekolah yang diikuti seluruh peserta. Setelah itu dilakukan penandatanganan petisi secara simbolis oleh Ketua Umum YPI Ar Rohman, Kepala Sekolah SMA Islam Terpadu Al-Madinah, Guru fasilitator dan seluruh Agen Perubahan.

Kegiatan Roots Day juga diisi dengan perlombaan pembuatan video dengan tema Bullying yang diikuti oleh seluruh siswa siswi SMA Islam Terpadu Al-Madinah. Sebelum berakhirnya kegiatan, diadakan pengumuman pemenang lomba dan dilakukan penandatanganan petisi juga pemberian hadiah berupa gelang dari Agen perubahan kepada seluruh siswa siswi SMA Islam Terpadu Al-Madinah.

Harapan ke depannya adalah Agen Perubahan tampil sebagai garda terdepan untuk mengampanyekan dan mensosialisasikan melaksanakan gerakan anti perundungan kepada seluruh elemen di SMA Islam Terpadu Al-Madinah untuk terlibat dan berkomitmen menghapus segala bentuk perundungan di sekolah. Sehingga, SMA Islam Terpadu Al-Madinah dapat menjadi sekolah yang aman, nyaman, dan bebas dari perundungan. (Nida Anggaraeni)