SEKILAS INFO
22-04-2024
  • 7 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Septeber 2023
  • 3 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
11
Feb 2022
0
Perayaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila II

AL-MADINAH EXPO

Selasa, tanggal 14 Desember2021 telah dilaksanakan Al- Madinah Expo yaitu puncak perayaan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang kedua dengan judul “Pembuatan Mikroorganisme Lokal (MOL) Nasi dan Penerapannya pada Tanaman”. Judul tersebut terinspirasi dari tema besar yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan di era Perubahan Iklim Global yang tengah terjadi saat ini. Acara yang berupa Seminar ini merupakan salah satu bentuk apresiasi SMA IT AL-MADINAH pada hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para siswa-siswi kelas X di project kedua.

Seminar hasil penelitian di Al-Madinah Expo diadakan dengan maksud untuk memberi pengetahuan tentang bagaimana pembuatan sekaligus penerapan MOL pada tanaman khususnya tanaman Pokcoy. Projek yang dilaksanakan dari bulan oktober smapai desember 2021 ini memberi motivasi bagi siswa-siswi SMA IT AL-MADINAH khusunya kelas X dalam melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan pemanfaatan limbah khususnya limbah nasi yang diolah menjadi produk yang lebih bermanfaat seperti Pupuk Organik Cair.

Seminar ini menampilkan tiga kelompok untuk memaparkan hasil penelitiannya. Tiga kelompok ini dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh para guru pembimbing projek kedua ini. Pada kegiatan ini diundang beberapa panelis  yaitu Ibu  Dina Dyah Saputri, M.Si selaku dosen biologi Universitas Pakuan sekaligus juga pembimbing penelitian di projek kedua, Ibu Subekti Handayani, S.Pd selaku perwakilan MGMP biologi Kabupaten Bogor dan Ibu Maya Maulani, S.Pd selaku ketua pelaksana project kedua Profil Pelajar Pancasila.

Al Madinah Expo dihadiri pula oleh para tamu undangan dari SMA Penggerak dan SMP di sekitar Cibinong, serta orang tua peserta didik yang putra-putrinya berhasil terpilih mewakili kelas sebagai Pemakalah Seminar. Hasil bedah pendapat dari setiap kelas mengenai Al-Madinah Expo dan Project kedua ini, banyak sebagian murid mendapat kesan berupa pengalaman yang seru dan menyenangkan serta terbentuknya rasa tanggung jawab dalam menuntaskan pekerjaan di projek penelitian mereka.

Para pemakalah berpendapat bahwa sebagai seorang peneliti, mereka harus selalu siap dalam menjalani rintangan yang dilalui ketika proses penelitian berlangsung.Mereka pun merasa terkejut dan gembira bahwa hasil penelitian projek kedua untuk pemanfaatan POC dari MOL nasi terhadap berbagai macam jenis tanaman lain ini dapat ditindak lanjuti lebih dalam nantinya.

Sebagai penutup, perjalanan projek kedua yang panjang dan berliku baik bagi siswa maupun para guru pembimbingnya. Telah memberikan kesan mendalam di acara puncak Al-Madinah Expo. Semoga kegiatan hebat ini menjadi pondasi bagi para siswa siswi kelas X sebagai para calon peneliti bangsa di masa depan. (Marsha Widi Syafarani & Sabrina Zarlis)