SEKILAS INFO
02-03-2024
  • 6 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Septeber 2023
  • 3 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
21
Feb 2022
0
BERKAH DI BALIK ISENG

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada awal bulan September 2021, saya ditawarkan seorang guru untuk mengikuti sebuah olimpiade bahasa Inggris. Pada awalnya, saya tidak begitu memikirkan tawaran tersebut. Namun pada akhirnya, rasa iseng lah yang membuat saya mendaftarkan diri mengikuti olimpiade itu. Saat itu saya tidak mengetahui bahwa keisengan tersebut ternyata akan membawa berkah bagi saya.

Halo! Nama saya Alyaa Zain Athaayaa. Saya lah siswi dari kelas XI IPA 2 SMA IT Al Madinah yang iseng mendaftarkan diri di olimpiade bahasa Inggris tingkat nasional.

Olimpiade tersebut diselenggarakan oleh Yes Olympic dalam skala nasional. Olimpiade yang tersedia terbagi menjadi dua jenis, yaitu untuk jenjang SMP dan jenjang SMA. Peserta yang mengikuti adalah siswa-siswi SMP dan SMA yang berasal dari segala penjuru Indonesia, termasuk saya. Olimpiade dilaksanakan secara daring dan berlangsung pada Minggu, 19 September 2021 yang artinya saya hanya memiliki waktu sekitar dua pekan untuk mempersiapkan diri.

Persiapan dimulai dari pekan yang sama saya mendaftarkan diri. Saya begitu juga beberapa teman yang mengikuti olimpiade ini melakukan pelatihan khusus bersama guru Bahasa Inggris yang sekaligus menawarkan kesempatan ini pada saya, yaitu  Miss Maya Maulani. Pada pelatihan ini, kami diberi latihan soal sesuai kisi-kisi yang telah dibagikan Yes Olympic. Tentu saja, saya tetap melakukan pembelajaran sendiri untuk mematangkan diri sebelum hari pelaksanaan olimpiade.

Dua pekan pun berlalu dengan cepat dan akhirnya datang lah hari pelaksanaan olimpiade. Olimpiade dilaksanakan dengan sistem  Computer Based Test (CBT) di website Yes Olympic pada pukul 2 siang. Ternyata, mengerjakan soal-soal tersebut tidak sesulit yang saya bayangkan dan Alhamdulillah, saya dapat mengerjakannya tanpa kendala apapun. Model soal yang dikeluarkan serupa dengan Try Out yang pernah saya kerjakan sebelumnya. Maka dari itu, lebih merasa sedang melakukan ulangan harian sekolah daripada mengerjakan olimpiade tingkat nasional. Sekarang hal yang tersisa adalah berdoa dan menunggu pengumuman hasil dari Yes Olympic.

Jujur, saya cukup khawatir karena harus melawan sekian banyak peserta dari seluruh Indonesia, apalagi dengan persiapan yang begitu singkat. Namun saya memutuskan untuk tetap percaya diri karena sudah mengerjakan soal sebaik kemampuan saya. Pada akhirnya, usaha tidak mengkhianati hasil. Pengumuman hasil yang dikeluarkan pada keesokan harinya yaitu pada 20 September 2021 menunjukkan bahwa ternyata di antara 66 peserta finalis, saya menduduki peringkat ke-12! Selain itu, saya diberi penghargaan medali emas oleh Yes Olympic. Hal ini sungguh di luar dugaan saya. Saya begitu senang dan bersyukur telah mencapai posisi ini meski telah banyak kekhawatiran yang saya rasakan sebelumnya.

Teman-teman, inti yang ingin saya sampaikan di tulisan ini adalah untuk jangan pernah takut untuk mencoba, karena kita tidak akan pernah tahu di mana Allah SWT meletakkan berkah bagi kita. Seperti saya yang pada awalnya mendaftar olimpiade hanya dari sebuah keisengan, namun ternyata membawa hasil yang tidak terduga. Maka serumit apapun itu, sebaiknya kita berusaha untuk mencobanya terlebih dahulu, selebihnya barulah kita tawakal dan menyerahkan hasilnya kepada Allah SWT. Sekian dari saya, terima kasih sudah membaca cerita pengalamanku! Pesan terakhir dari saya adalah untuk tetap semangat dan teruslah kejar impian kalian! (Alyaa Zain Athaayaa - XI IPA 2)