SEKILAS INFO
27-06-2022
  • 8 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Oktober 2021
  • 1 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
30
Mar 2022
0
Rangkuman Kegiatan Gerakan Berhenti Merokok (GEBROK) CIMSA UPH 2022

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan lingkungan asap rokok adalah penyebab berbagai penyakit, pada perokok aktif maupun pasif. Permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari pergaulan bebas di kalangan remaja dengan perilaku hidup yang tidak sehat, hal tersebut dapat dicegah bila fokus pada upaya kesehatan kemandirian keluarga, masyarakat, dan sekolah. untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, Salah satu terobosan yaitu melalui Gerakan Berhenti Merokok (GEBROK), Tujuan dilakukannya acara ini adalah sebagai bentuk pengabdian siswa/i di SMA IT Al-Madinah untuk mendukung gerakan masyarakat dan sekolah khususnya di kalangan remaja untuk memberikan edukasi dan sosialisasi Gerakan Berhenti Merokok (GEBROK) untuk mendukung gerakan masyarakat hidup sehat di SMA IT Al-Madinah.

Dikarenakan pandemi Covid-19 belum usai, metode pelaksanaanya yaitu, melakukan sosialisasi Via ZOOM, dengan memberikan edukasi bahaya merokok dan kandungan apa saja yang ada di dalam rokok, kemudian dilakukan pre-test sebagai data awal untuk mengetahui pemahaman siswa/i terkait bahaya merokok serta pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, setelah itu dibentuk kelompok kecil dari masing-masing siswa untuk di bimbing mengikuti kampanye online Gerakan Berhenti Merokok (GEBROK) dengan membuat flyer dan video pendek dari masing-masing kelompok yang didesain semenarik mungkin agar masyarakat di lingkungan sekitar dan teman-teman di media sosial berminat untuk membacanya, kampanye berisi informasi tentang bahaya merokok, tips berhenti merokok, dan pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, lalu terakhir dilakukan evaluasi kuesioner post-test.

Hasil kegiatan menunjukan adanya peningkatan pemahaman siswa/i mengenai bahaya rokok dan pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di kehidupan sehari-hari. Kesimpulan pengabdian siswa/i ini yaitu pemahaman siswa/i mengenai rokok dan pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dalam kehidupan untuk mendukung program GERBROK dari CIMSA UPH mengalami peningkatan.

“Assalamua’laikum warohmatullahi wabarokatuh.

Kesan saya setelah mengikuti kegiatan ini adalah wawasan dan tambahan ilmu yang lebih banyak tentang bahaya merokok dan kandungan pada rokok, memberikan kesadaran pada diri untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, memberikan dampak positif pada kehidupan sehari-hari di keluarga, sekolah, maupun masyarakat dan lebih berhati-hati dalam berteman, kehidupan sehari-hari lebih teratur dan disiplin.

Masalah waktu dan tempat kegiatan, harapan saya untuk acara selanjutnya jika keadaan sudah memungkinkan semoga bisa melakukan kampanye dengan tatap muka langsung, agar bisa mengetahui indikator keberhasilan kampanye dalam memenuhi tujuan pada kegiatan ini” (Hermawan X-3)

Daftar Pendidik

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide

Contact Us

  https://instagram.com/smait_almadinah?igshid=t2j999kf1lq2