SEKILAS INFO
13-04-2024
  • 7 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Septeber 2023
  • 3 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
8
Feb 2023
0
Aksi Mulia Para Pendonor Muda Giat OSIS, Tumbuhkan Kepedulian Sesama

Donor darah???

Seketika mendengar kata donor darah langsung terpikirkan banyak orang yang membutuhkan darah. Tapi agak serem juga ya…bayangan jarum suntik, khawatir patah saat proses donior dilakukan.

Bicara terkait donor darah. Yuk kita ulas dulu agar bayangan-bayangan menakutkan tak menjadi penghalang bagi kita untuk ikut andil dalam kegiatan yang mulia dan bermanfaat ini teman. Donor darah adalah salah satu aktivitas yang banyak memberikan manfaat tidak hanya pada diri sendiri, namun juga kepada seluruh orang yang membutuhkan. Darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah.

Nah sekolah kita yaitu SIT Al-Madinah melaksanakan kegiatan Donor Darah secara rutin. Ini adalah kali ke tiga kegiatan donor darah dilaksanakan bekerja sama dengan PDDI dan PMI Kota Bogor. Kegiatan Donor Darah tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (19/01/2023). Peserta Donor Darah tersebut terdiri dari murid-murid SMA IT Al-Madinah yang sudah berusia 17 tahun dan juga staff maupun guru-guru di SIT Al-Madinah, dan banyak juga ortusis juga peserta yang berasal dari luar Al-Madinah sehingga total calon pendonor darah kemarin mencapai 85 peserta dan berhasil mendapatkan 49 kantong darah.

Kegiatan Donor Darah tersebut dilaksanakan di Aula Asri 3 pada mulai pukul 09.00 – 13.15 WIB. Dalam kegitan ini tentu ada prosedural yang harus dilakukan, tentunya para pendonor tidak memiliki syarat dan ketentuan, Syarat dan ketentuan untuk mengikuti kegiatan Donor Darah, yaitu:

  • Kondisi fisik harus dalam keadaan sehat, jasmani maupun rohani.
  • Berusia 17 – 60 tahun. Namun, untuk remaja usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor darah, bila mendapat izin tertulis dari orangtua dan memenuhi persyaratan lain.
  • Memiliki berat badan minimal 45 kilogram
  • Suhu tubuh 36,6 – 37,5 derajat Celcius.
  • Tekanan darah harus berada di angka 100 – 160 untuk sistolik dan 70 – 100 untuk diastolik.
  • Saat pemeriksaan, denyut nadi harus sekitar 50 – 100 kali per menit.
  • Kadar hemoglobin minimal 12 gr/dl untuk wanita, dan minimal 12,5 gr/dl untuk pria.

Tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya loh. Siapa saja yang tak boleh melakukan donor?

  1. Orang yang Mengidap Hipertensi
  2. Orang dengan berat badan kurang dari 45 Kg
  3. Orang yang Mengidap Hepatitis B dan C
  4. Orang yang sedang Hamil

Mengapa Donor Darah dilaksanakan secara rutin di SIT AL-Madinah? Karena selain kita bisa membagikan darah kita kepada orang-orang yang membutuhkan, ternyata Donor Darah juga bisa memberikan kesehatan untuk tubuh kita. Seperti, mengurangi penyakit jantung, membakar kalori dan membantu munurunkan berat badan, menurukan risiko kanker, menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, dan banyak lagi manfaat lainnya dari kegiatan Donor Darah. Masya Allah banyak sekali manfaat donor darah yang bisa dirasakan oleh diri sendiri dan tentunya orang lain. Sampai jumpa pada kegiatan donor darah tahun depan .

Maliq El Kareem – Kelas X 4