SEKILAS INFO
22-04-2024
  • 7 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Septeber 2023
  • 3 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
13
Feb 2023
0
Al-Madinah Education Fair 2023

“Make Your Dream Come True”

Ajang Gali Potensi dan Tambah Wawasan untuk Masa Depan

 

Education Fair atau sering disebut Edufair merupakan salah satu acara yang akan diadakan rutin oleh SMAIT Al-Madinah pertahunnya. Edufair merupakan acara temu kenali bakat dan minat siswa SMP dan SMA khususnya daerah Bogor dan Depok. Selain itu dalam Edufair terdapat pameran pendidikan yang bertujuan untuk mengenalkan dan menambah wawasan siswa/siswi mengenai  perguruan tinggi baik negeri, swasta maupun luar negeri.

Pertama kali Edufair diadakan yaitu tahun 2020. Setelah 2 tahun tidak dapat mengadakan acara ini dikarenakan pandemi COVID-19, Alhamdulillah SMA IT Al-Madinah dapat mengadakan Education Fair 2023 selama tiga hari, mulai dari tanggal 24 – 26 Januari 2023. Tidak hanya pameran pendidikan saja, tetapi Edufair ini dimeriahkan oleh lomba-lomba yang menyenangkan dan bermanfaat, psikotes untuk sekolah jenjang SMP, pameran lukisan, dan bazar makanan.

Pameran pendidikan ini mendatangkan 27 perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri, swasta, kedinasan, dan perguruan tinggi luar negeri. Pembicara yang dihadirkan juga sangat menginspirasi dan dapat memberikan informasi-informasi terkini terkait jalur masuk perguruan tinggi yang sangat bermanfaat bagi pelajar SMA. Polimedia Negeri Media Kreatif, Universitas Terbuka, UNB, UPN Veteran Jakarta, Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, IPB, Studies in Turkey, Universitas Indonesia. Kita juga mengundang SMA Se Bogor Raya dan Depok untuk menghadiri pameran pendidikan ini.

Lomba-lomba yang terdapat di Edufair berjalan dalam dua hari berturut-turut dan melibatkan peserta se-Bogor Raya dan kota Depok jenjang SMP dan SMA. Lomba yang diselenggarakan yaitu ada Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Story Telling, Band Competition, dan Futsal. Dalam kegiatan pameran lukisan, lukisan yang dipamerkan berasal dari karya-karya alumni dan pelajar dari dalam maupun luar SIT Al-Madinah. Kita juga mengadakan psikotes untuk pelajar SMP kelas 9 agar mereka dapat mengetahui bakat minat dalam diri mereka. Tidak lupa yang terakhir, kita mengadakan bazar makanan dan makanan yang sangat variatif.

Acara Edufair ini juga menampilkan kreasi tarian Ratu Jaroe dari kelas XI-1, Tarian Nusantara Angguk Jos kolaborasi dari kelas XI, Solo Performance Hadafi kelas X-3, Tari Kecak Bali dan Band Performance. Tidak hanya menggali dan menemukan potensi dari siswa luar, SMA IT Al-Madinah sebagai tuan rumah juga unjuk gigi dalam acara bergengsi ini.

Alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar karena adanya kerjasama yang sangat baik antara guru-guru dengan panitia Edufair dari siswa dan juga karena mendapatkan dukungan penuh dari pihak sekolah, Komite, orang tua siswa serta para sponsor dan donatur. Dari kegiatan ini banyak sekali hal positif yang dapat kita petik, karena kegiatan Edufair ini kita akan jadi lebih terbuka tentang perguruan tinggi dan kita juga akan termotivasi dalam memperjuangkan semaksimal mungkin perguruan tinggi terbaik. Selain itu, kita akan mendapatkan pengalaman dalam membuat sebuah acara besar yang tentunya tidaklah mudah. Walaupun acara Edufair pada tahun ini belum sepenuhnya sempurna, semoga di tahun depan acara ini akan jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Defira Rachim – Kelas XI 3