SEKILAS INFO
27-06-2022
  • 8 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Oktober 2021
  • 1 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”

Fasilitas di institusi pendidikan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Karena keberadaan sarana dan prasarana ini akan menunjang kegiatan akademik dan non-akademik siswa serta mendukung terwujudnya proses belajar-mengajar yang kondusif.

Fasilitas SMA Islam Terpadu Al-Madinah sangat beragam, mulai dari ruang kelas, laboratorium, fasilitas olahraga dan kesenian, pusat pengembangan kewirausahaan, sampai masjid sebagai sarana peribadatan. SMA Islam Terpadu Al-Madinah akan selalu berupaya mengembangkan dan meningkatkan kualitas fasilitas sekolah sehingga dapat selalu menyediakan pelayanan yang prima.

FASILITAS UTAMA

RUANG KELAS

Ruang kelas dengan kapasitas kurang lebih 30 siswa, berada di lantai 1 dan 2. Tiap kelasnya terdapat white board, infocus, screen dan sound system untuk pembelajaran. Keberadaan sound system, membuat siswa dapat menyaksikan tayangan audio visual secara langsung di kelas dan juga mempermudah jika terdapat pembelajaran listening bagi mata pelajaran tertentu seperti bahasa Inggris, Arab maupun Indonesia.

Seorang siswa dapat menempati sebuah kursi dan meja dengan kualitas baik serta mendapatkan locker untuk menyimpan barang-barang pribadinya. Setiap ruang kelas tentu saja menjadi sejuk karena memiliki cross ventilation yang baik serta ber-AC. Penerangan ruang kelas pun sudah memadai.

LABORATORIUM IPA

Selain sebagai fasilitas pembelajaran dalam bentuk praktik yang menarik, laboratorium juga membuat siswa tidak jenuh karena harus selalu belajar di ruang kelasnya. Tiap laboratorium terdapat perlengkapan masing-masing yang disesuaikan dengan peruntukannya, juga kebutuhan lain yang mendukungnya.

Laboratorium IPA yang terdiri dari Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia dan Laboratorium Biologi terletak di lantai 1.

 

LABORATORIUM KOMPUTER

Laboratorium komputer, sebagaimana yang diatur dalam Permendiknas No 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana sekolah, berfungsi sebagai tempat mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Standar ruang laboratorium komputer tersebut semestinya dapat menampung minimum satu rombongan belajar yang bekerja dalam kelompok 2 orang. Laboratorium Komputer SMA Islam terpadu Al-Madinah sudah memenuhi standar tersebut.

Peralatan utama yang dimiliki oleh laboratorium komputer adalah :

  • Komputer, terdiri dari satu unit komputer untuk guru dan 30 unit komputer untuk siswa.
  • Meja komputer yang dapat menempatkan monitor di dalam meja.
  • LCD Proyektor dan layar proyektor, digunakan untuk menampilkan materi pembelajaran.
  • Papan tulis Whiteboard, digunakan untuk memberikan penjelasan tambahan. Dan pastinya, laboratorium komputer juga didukung oleh adanya jaringan internet.

LABORATORIUM PAI

Selain laboratorium IPA dan Komputer, secara bersama dengan unit lain, siswa SMA Islam Terpadu Al-Madinah juga dapat menggunakan fasilitas replika Ka’bah untuk menyempurnakan praktik pembelajaran rukun Islam yang kelima.

TOILET

Pastinya semua sangat setuju jika dikatakan bahwa faktor lingkungan sekolah dapat mempengaruhi proses belajar mengajar, juga kesehatan warga sekolah. Kondisi dari komponen lingkungan sekolah tertentu dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan dan sanitasi lingkungan jika tidak dipelihara dengan baik. Oleh karena itu, SMA Islam Terpadu yang berprinsip bahwa kebersihan sebagian dari iman, selain memperhatikan kebersihan kelas dan lingkungan sekitar, juga sangat mengutamakan kebersihan toilet.

Baik toilet putri maupun putra yang masing-masing terdiri dari 4 bilik, selalu terjaga kebersihannya. Air selalu mengalir dan kelengkapan toilet seperti kran air, sabun dan tempat sampah selalu tersedia.

FASILITAS OLAHRAGA

Selain berfungsi untuk sarana pembelajaran, fasilitas olahraga juga disediakan agar siswa dapat mengembangkan hobby dan potensis dirinya. Berbagai fasilitas olahraga baik indoor maupun outdoor tersedia bagi seluruh sivitas akademika di SIT Al-Madinah.

Kolam renang merupakan sarana olahraga sekaligus rekreasi bagi siswa di lingkungan Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah. Dengan ukuran mini olympic, kolam renang ini siap menjadi fasilitas pembelajaran di jam olaharaga maupun fasilitas ekskul renang.

Olahraga bulutangkis yang menjadi olahraga favorit masyarakat Indonesia, tersedia juga lapangannya di lingkungan Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah. Agar permainan bulutangkis ini dapat tetap dilakukan selama cuaca buruk, maka lapangan bulutangkis dibuat indoor.

Lapangan Basket semi outdoor dengan type standar, terletak di depan gedung SMA. Dengan memiliki lapangan basket seperti ini, OSIS SMA Islam Terpadu dapat menyelenggarakan turnamen Basket dengan mengundang sekolah-sekolah lain.

Tiga lapangan futsal yang terdapat di belakang gedung SMA, menjadi icon fasilitas olaharaga baru di SIT Al-Madinah. Dengan memiliki 3 lapangan, masing-masing unit memiliki keleluasaan dalam pengunaannya.

FASILITAS KESENIAN

Siswa SMA Islam Terpadu Al-Madinah dapat menikmati fasilitas seni berupa mini teater dengan kapasitas 100 orang. Selain berfungsi untuk menyaksikan film, di studio ini juga dapat dijadikan untuk performing art karena memiliki panggung permanen

Siswa SMA Islam Terpadu Al-Madinah juga dapat menikmati fasilitas seni lain yaitu ruang musik. DI sana terdapat seperangkat alat musik modern (band) dan juga alat musik tradisional (degung)

FASILITAS PENDUKUNG

Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang nyaman untuk siswa yang haus ilmu. Perpustakaan yang terletak di lantai 2 ini memiliki judul buku yang bisa terbilang banyak, yang terdiri dari buku penunjang pembelajaran, buku fiksi, buku populer dan juga ensiklopedi. Di perpustakaan ini dilengkapi dengan meja dan kursi sehingga siswa dapat membaca dengan tenang di perpustakaan.

Masjid Baiturahman menjadi pusat kegiatan bersama seluruh warga Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah. Tentu saja siswa SMA Islam Terpadu Al-Madinah dapat mengikuti berbagai kegiatan di masjid yang terdiri dari 2 lantai dan dapat menampung 2.000 jemaah ini.

Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah merupakan sekolah yang memiliki lapangan parkir yang memadai. Terbagi atas lapangan parkir untuk mobil dan lapangan parkir untuk motor. Sistem satu gerbang untuk keluar-masuk kendaraan dengan penjagaan satpam terlatih, dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan.

 

Kantin yang asri akan melayani siswa selama istirahat berlangsung. Terdapat beberapa kedai dengan berbagai menu sehat dan tempat makan nyaman. Selain itu siswa juga dapat membeli kebutuhan lainnya di ALMA MART. Pembelian di kantin maupun di ALMA MART menggunakan uang plastik (e-money), sebagai sarana pembelajaran bagi siswa untuk mengenal teknologi terkini.

FASILITAS KESEHATAN

Berkaitan dengan masa pandemi, SMA Islam Terpadu Al-Madinah, melengkapi fasilitas dan sarana sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Mulai dari pengadaan tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan hand soap dan tissue, termo gun, sampai UKS sebagai tempat darurat covid yang dilengkapi dengan APD.

Fasilitas yang disiapkan sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan oleh sekolah.

LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI

Sisko merupakan aplikasi integratif dalam rangka mengoptimalkan proses KBM yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Berbasis Komputer/Internet untuk memudahkan guru, siswa, dan orang tua siswa. Mulai dirilis tahun 2017, dan dikembangan pada tahun setelahnya.

APK SISKO dapat diinstall oleh orang tua siswa di android, dalam APK ini orang tua siswa dapat mengecek:

  • Kehadiran siswa; dahulu kehadiran siswa (finger) dilaporkan melalui SMS, saat ini sudah melalui APK.
  • Laporan pembayaran SPP, Tabungan Siswa dan administrasi keuangan lainnya.
  • Tagihan SPP dan administrasi keuangan lainnya bagi yang belum melakukan pembayaran bisa dicek melalui APK ini

Rapor UTS, PAS, dan PAT

Majalah Sekolah sebagai sarana informasi dan pembelajaran siswa untuk menulis

“Saya berharap pembangunan fasilitas dan sarana-sarana baru bagi siswa dapat menjadi satu motivasi bersama untuk terus maju, dan perlu diperhatikan juga bahwa seluruh civitas akademika memiliki tanggung jawab yang besar pula untuk merawat dan menghemat serta menjaga fasilitas yang ada,” demikian disampaikan oleh ibu kepala sekolah.

Daftar Pendidik

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide

Contact Us

  https://instagram.com/smait_almadinah?igshid=t2j999kf1lq2