SEKILAS INFO
27-06-2022
  • 8 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Oktober 2021
  • 1 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”
25
Jul 2021
Nadia Paramitha “JANGAN LUPA VAKSIN, UNTUK MEMBENTENGI DIRI DARI VIRUS”

Ketika sedang mengantri pemeriksaan kesehatan untuk vaksin covid 19 di auditorium Aysha, yang memang digunakan sebagai sentra vaksin daerah Karadenan, sepertinya sosok nakes di hadapan saya ini tidak asing. “Assalamu ‘alaikum Ibu”, sapanya. “Ah… Nadia Paramitha”, alhamdulillah saya masih mengenali alumni SMA Islam Terpadu Al Madinh yang ayu ini. “Kamu tugas di sini Nad?” sapa saya lagi, “Iya Bu, sekarang sedang tugas di sini”, lanjutnya.

Jadi Nadia ini sebenarnya masih kuliah di Akademi Keperawatan Yayasan Jalan Kimia Jakarta, namun saat pandemi Nadia dan teman-teman langsung melakukan kegiatan praktik lapangan untuk membantu pemberian vaksin covid ini. Nah… mumpung ada Nadia, yang pastinya sudah memiliki ilmu di dunia kesehatan, kita tanya-tanya yuks seputar Vaksin.

Kenapa harus vaksin? Vaksin itu terbuat dari apa?

Jadi komponen utama vaksin itu adalah antigen,  komponen kecil yang sudah dilemahkan/dimatikan dari suatu organisme penyebab penyakit jadi tidak berbahaya untuk tubuh. Antigen inilah yg berperan dalam pembentukan antibodi dalam sistem imun tubuh kita. Antibodi yang terbentuk akan melatih sistem imun dan membuatnya lebih pintar untuk mengenali virus yang masuk ke tubuh kita. Itulah mengapa vaksinasi covid 19 menjadi salah satu cara efektif untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19, sekaligus pencegahan. Pemberian vaksin juga akan mempercepat kekebalan kelompok (here immunity), ketika sudah banyak masyarakat yg divaksin maka akan terbentuklah keadaan yg disebut herd immunity / suatu kondisi dimana penduduk disuatu daerah sudah kebal terhadap suatu virus. Herd immunity ini akan tercapai ketika sudah 70-85% masyarakat sudah divaksin.

Tapi perlu diingat, vaksin ini bukan obat pandemi, melainkan upaya untuk membentengi diri dari virus, jadi tetap terapkan gaya hidup yg sehat dan jangan lupa untuk selalu menerapkan paling tidak  3M ya!!

Hm… Ternyata sepenting itu ya vaksin bagi diri kita ? 

Iya… Karena perlu diketahui bahwa infeksi yang terjadi karena virus covid 19 ini dapat berujung pada komplikasi medis yg serius. Selain itu juga seseorang yg terinfeksi maka akan menularkan kepada orang lain.

Karena banyak antriaan, maka saya sudahi bertanya pada Nadia, tapi sebelum menyudahi tanya jawab singkat ini, Nadia menitipkan pesan untuk kita semua…

Pesan saya untuk warga Al Madinah dan masyarakat lain, tetap jaga pola hidup sehat, terapkan 3 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) meskipun sudah vaksin. Dan untuk yang belum vaksin, yuk vaksin Pak/Bu/kak, karena selain bisa melindungi tubuh, vaksin bisa mencegah kita menyebarkan virus corona ke orang lain.

Daftar Pendidik

Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide
Slide

Contact Us

  https://instagram.com/smait_almadinah?igshid=t2j999kf1lq2