SEKILAS INFO
21-07-2024
  • 10 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru Mulai 1 Septeber 2023
  • 3 tahun yang lalu / Website Resmi SMA IT Al-Madinah Cibinong “Bringing You to the Future”

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional. Bila dikaitkan dengan sekolah, perpustakaan sekolah adalah suatu unit kerja yang ada di suatu sekolah yang menyimpan koleksi bahan perpustakaan yang diatur secara sistematis, digunakan sebagai sumber informasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Membangun perpustakaan sekolah menjadi sumber belajar bagi siswa dapat dilakukan melalui dua alternatif: Pertama, mengembangkan dan mengelola perpustakaan yang sudah ada secara bertahap sesuai dengan aturan ideal, terus menerus dengan kesungguhan hati dan pikiran yang maju. Alternatif ini dilakukan mengingat banyak sekolah-sekolah yang sudah memiliki perpustakaan, hanya saja kemungkinan besar perpustakaan tersebut belum memenuhi kriteria ideal. Kedua, membangun perpustakaan baru dengan benar-benar mengacu  kepada kriteria ideal, sehingga tercipta sebuah perpustakaan sekolah yang mampu menjadi sumber  belajar bagi  siswa.

Perpustakaan sekolah adalah suatu unit kerja yang ada di suatu sekolah  untuk menegelola bahan pustaka, baik berupa buku maupun non buku yang diatur secara sistematis dengan aturan-aturan tertentu. Secara operasional pemanfaatan perpustakaan sekolah ini bisa digunakan oleh siswa, guru, atau pemakai lainnya sebagai sumber informasi untuk mengembangkan potensi diri meliputi  pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotor). Dalam rangka meningkatkan kualitas sekolah, khususnya kualitas siswa, maka perlu dibangun sebuah perpustakaan yang mampu menjadi sumber belajar. Perpustakaan sekolah dibangun oleh komponen-komponen berupa sarana prasarana perpustakaan, pengelola perpustakaan,  dan kepala sekolah. Komponen-komponen itu akan mendukung terciptanya sebuah perpustakaan sekolah yang benar-benar mampu menjadi sumber belajar apabila komponen-komponen pembangunnya representatif, layak, dan baik. Sebaliknya, komponen-komponen pembangun perpustakaan itu akan menghambat terciptanya sebuah perpustakaan sekolah yang mampu menjadi sumber belajar apabila tidak terciptanya keterpaduan dan keseimbangan antar komponen-komponen pembangunnya.

 

KOLEKSI EBOOK PERPUSTAKAAN ALMADINAH :

https://www.gutenberg.org/cache/epub/73953/pg73953-images.html

https://www.gutenberg.org/cache/epub/73955/pg73955-images.html

https://dhjhkxawhe8q4.cloudfront.net/mit-press/wp-content/uploads/2022/12/22115437/S23-seasonal.catalog.8.5.11.pdf

 

ANGGOTA PERPUSTAKAAN ALMADINAH :

1
a09193f6-1926-4a7a-a875-d1290d953060
ABDUL RAFA AL MUFARIDDIN 222310,002
2
6e0499bc-00d3-48d0-bc56-39a4ed0777f0
ACHMAD RAMADHANU PUTRA ABDI 222310,003
3
de641daf-0e2a-421c-899f-ad717bb42297
Adhitia Samdya Adabi 222310,004
4
c843d555-be5a-469e-b731-6043cfe36687
Aisyah Nurul Hadi 222310,006
5
a974fdcc-ea68-4b24-a014-20ae27d2fb57
AISYAH ZAHWA ZAMRANI 222310,007
6
64a4e06f-ac01-494e-b06a-30dd8c56e9a8
Alandra Nailah Waafiya 222310,097
7
e391e5ac-881f-49f3-8efa-015a4a67051d
ALYVIA RENATA SUHERMAN 222310,012
8
0f4809a9-d67b-4d42-ab2f-e799dfe21025
AQYLLA GHAITSA ZAHIRA SHOFA 222310,016
9
dc28cbfd-6eb3-41ae-a4fa-d5b27e1b7a1d
Arrassya Abimantra Saputra 222310,017
10
5720dcf2-edb4-46dc-8920-1548d3238bc7
DANISH FADIRRAHMAN 222310,023
11
8b1c9ab7-bb6d-497a-b510-39a57bb70da8
Derryl Nursavero Nandana 222310,024
12
445f238d-b400-43d7-abf5-1a484707d607
Fadhilah Amalia Yasmine 222310,025
13
439086be-98ae-4fb8-9942-c51817f3e0e9
Fajri Yansa 222310,027
14
43223af1-4b7e-46b4-8498-c48dde9b5fdb
FANDY AHMAD FAYSA 222310,104
15
838f4d24-904b-4f3b-82a7-178cbc54f2bf
Farrel Rasendriya Ahnaf 222310,029
16
fb3babab-a49b-4254-9607-a33866224456
FREISYA YASHIRA LAMANI 222310,033
17
e46a7ce3-9865-4c60-8628-8b28d4c7501f
HEAVENLY JIBRILLIANT LAZUARDI 222310,036
18
198de482-5baf-4ac8-8362-f6c8102dad25
Khadhafi Dwi Nugraha 222310,044
19
a495c80a-132b-4aa2-84f1-a81550aef267
Kheisya Alinda Pratiwi 222310,045
20
3c728ff1-27e8-4a16-8bfc-3a9fb2add4a4
MALIQ EL KAREEM 222310,05
21
953f3169-1b27-4546-96e1-a5af9ef1ad9b
Muhammad Athallah Fatah 222310,048
22
22f844ac-0ca7-4ae8-95f2-e5b9d5ffa9e9
Mutia Nur Khalisa 222310,062
23
a9659d84-7f38-45d2-904c-10cc87ea0910
NABIL IRSYADUL IBAD 222310,063
24
14345479-9e1b-4a85-b72b-d8084a7d0ff8
Nailah Nabila Eka N. 222310,068
25
2b19538f-82cd-4c24-8357-1c27c2c036bb
RASYA FIRMANSYAH 222310,078
26
a087939a-7e4f-40d4-bfb5-3ab579452f95
RAYA DESTRYA INAMORI 222310,079
27
7f32d4a9-3cb5-43d4-b7ad-f44aba5baea2
Tantya Supriadi Queentasari Rahman 222310,089
28
0bf6c615-5b32-45f4-b3a4-c0e028245282
Zaky Akbar Nugraha 222310,094